Latest News

Mengetahui Sejarah dan Cara Kerja Elevator Lift



Selama ini mungkin kita hanya mengetahui apa itu elevator lift dan sering menggunakan transportasi antar lantai ini. Namun, elevator lift juga memiliki kisah sejarah yang mana juga penting untuk diketahui. Selain cara kerja elevator, setidaknya sedikit banyak kita sudah mengetahui penggalan kisah sejarahnya.

Sejarah Elevator Lift

Sekitar tahun 1857, seseorang bernama Otis memasang elevator penumpang pertama di dunia, yakni di New York. Otis tiada pada tahun 1861, sehingga kedua anaknya, Norton dan Charles mengembangkan warisan Ayah mereka sejak tahun 1867. Pada tahun 1873, telah terhitung sebanyak 2.000 elevator buatan Otis yang dipergunakan di gedung perkantoran, department store dan hotel yang ada di seluruh wilayah Benua Amerika.

5 tahun berikutnya, perusahaan Otis memasang elevator penumpang hidrolik pertamanya. Pada tahun 1889 telah diluncurkan keluaran mesin elevator listrik dengan direct-connected geared yang begitu sukses dan banyak menarik perhatian masyarakat dunia. Di tahun-tahun berikutnya, perusahaan Otis terlihat semakin meningkatkan produk mereka.



Tepatnya pada tahun 1903, mereka berhasil memperkenalkan inovasi baru dari industri elevator, yakni elevator listrik gearless traction yang dirancang dan sudah terbukti dapat mengalahkan usia bangunan yang diaplikasikan oleh elevator ini. Penemuannya terbaru inilah yang mampu menjadikan mereka sebagai perusahaan besar, sehingga banyak produk elevator pabrikan mereka diaplikasikan di gedung-gedung ternama, diantaranya seperti World Trade Center di New York, Empire State building, CN Tower di Toronto dan Hancock Center di Chicago.

Otis merupakan perusahaan pertama dan saat ini telah menjadi perusahaan terkemuka di dunia dalam mengembangkan teknologi komputer, sehingga mampu menciptakan revolusi pengendalian elevator dan terciptalah peningkatan yang dramatis dari segi kualitas dan kinerjanya.

Dari situlah kita semua bisa menikmati fasilitas lift elevator tanpa harus dihantui rasa penat untuk naik – turun anak tangga. Setelah sudah mengetahui sepenggal cerita sejarah dari lift elevator, maka Anda pun pasti akan dibuat semakin penasaran dengan cara kerja elevator.

Cara Kerja Pengoperasian Elevator Lift

Pada masing-masing gedung tinggi dan bertingkat pasti dilengkapi dengan adanya geared atau gearless. Sistem tersebut akan memudahkan kinerja kereta elevator lift untuk mengantung di ruang luncur pada beberapa steel hoist ropes, dua tali katrol dan counterweight (bobot pengembang).
Pada counterweight dan bobot kereta akan menghasilkan traksi maksimal terhadap hoist ropes dan puli katrol. Dengan demikian, puli katrol dapat menggenggam erat hoist ropes, kemudian akan menggerakkan dan menahan kereta tanpa adanya resiko selip yang berlebihan. Kereta dan counterweight akan terus selalu bergerak di sepanjang rel yang vertikal agar mereka tidak mudah berayun-ayun ketika sedang dioperasikan.




Di bagian ruang luncur kereta terdapat ruangan mesin elevator, yang difungsikan untuk memasok listrik ke kereta dan difungsikan pula untuk menerima sinyal listrik. Yang dipergunakan ialah sebuah kabel listrik dengan kemampuan multi wire, sehingga bisa lebih mudah untuk menyambungkan antara ruang mesin dengan kereta elevator. Ujung kabel yang terikat erat pada kereta akan bergerak, sehingga elevator bisa berjalan dengan aman.

Ya, kurang lebihnya seperti itu mengenai cara kerja elevator. Rumit dan sulit memang, sehingga serahkan saja pengaplikasiannya di tangan yang tepat, yakni dengan menggunakan jasa pengaplikasian lift elevator dari kami.

0 Response to "Mengetahui Sejarah dan Cara Kerja Elevator Lift"